Hari Ulang Tahun Jam Astronomi Tertua di Dunia. Ini Dia Sejarahnya Gan!

The Clock Tower yang berada di Old Town Square

Jam Astronomi Praha berada di sebuah alun-alun yang ada di kota tua Praha, Republik Ceko.
Jika agan kesana maka agan akan melihat salah satu benda bersejarah yang memang dari dahulu kala sampai sekarang ini, menjadi kebanggaan semua kota di sana. Jam Astronomi Praha namanya atau dalam bahasa internasional, disebut Prague Astronomical Clock, yaitu sebuah jam kuno dengan ukuran raksasa yang kokoh terpasang pada dinding selatan yang ada di Balai Kota. jam tersebut pertama kali diketahui, dipasang pada tahun 1410.

Prague Orloj

Semenjak pertama kali Jam Astronomi Praha tersebut terpasang dengan gagahnya, yaitu pada tahun 1410 silam, jam tersebut sampai sekarang di hari ulang tahunnya yang ke-605 terlihat masih kokoh, terawat, dan masih beroperasi sebagai penunjuk waktu, sehingga hal ini langsung menjadikannya sebagai satu-satunya jam astronomi paling tua yang pernah ada di dunia dan masih hidup dengan baik. Mengulang pada awal kemunculan jam tertua ini, ternyata salah satu orang yang memang membuat Jam Astronomi Praha yaitu Mikulas of Kadan bersama seorang profesor ahli matematika dan astronomi yang berasal dari Universitas Charles, bernama Jan Sindel, sekitar tahun 1410.

Jam Astronomi Praha atau kerap disebut Orloj, merupakan sebuah jam tipe mekanik kuno yang berfungsi sebagai salah satu penunjuk dari pergerakan semua benda yang ada di langit. Jam yang sampai sekarang kokoh berdiri ini, sengaja dibuat oleh Mikuláš yang berasal dari wilayah Kadan dan dibantu Jan Šindel, salah satu profesor matematika dan astronomi asal Universitas Charles. jam yang disertai kalender tersebut, semakin terlihat indah usai ditambahkan seni ukiran dengan gaya gothik yang terlihat sangat mendetail.

Salah Satu Detil Pada Orloj Yaitu Terdapat Penunjuk Zodiak

Apabila kita lihat, jika pada Jam Astronomi Praha tersebut seolah melambangkan apabila bumi sebagai pemandangan langit setempat, yang nampak dilapisi dengan beberapa komponen yang seakan bergerak di atasnya. Beberapa dari komponen tersebut, diantaranya ialah cincin zodiak yang memperlihatkan zodiak waktu sekarang ini, juga adanya 2 ikon yang masing-masing sebagai lambang suatu pergerakan matahari juga bulan.

Jam Astronomi Praha sendiri, ternyata bisa dipakai untuk membaca bagaiaman posisi matahari pada berbagai musim. Selanjutnya, terbentang hiasan beberapa patung yang nampak bergerak semakin memperindah dan memperlihatkan kegagahan jam tertua ini, seperti terlihat ada sekitar 12 patung utusan yang ada di ajaran umat kristiani yang sengaja dirancang untuk bisa muncul setiap jam dan disesuaikan dengan 12 angka di jam tersebut.

Berikut beberapa foto yang menunjukkan detil dari Orloj
Spoiler for Sebagai Penunjuk Kalendar

Patung-Patung Yang Berganti Tiap Jamnya


Keempat patung yang mengapit jam di kedua sisi ini juga mempunyai makna lho gan.
Yang pertama di sisi kiri adalah wujud kesombongan seseorang yang mengagumi dirinya melalui sebuah cermin.
Yang kedua adalah wujud keserakahan atau riba yang diwujudkan dengan seseorang yang memegang sekantung isi emas.
Yang ketiga adalah melambangkan kematian
Dan yang terakhir adalah melambangkan kesenangan duniawi

Jadi saat pergantian jam, si tengkorak akan membunyikan bel pada jam sebagai tanda "waktunya untuk pergi" , akan tetapi semua tokoh patung tersebut menggelengkan kepala menandakan kalu mereka tidak siap untuk pergi.

Unik ya 
Spoiler for Untuk Melihat Pergerakan Matahari atau Bulan



Share:

0 komentar:

Post a Comment